Mau 「Blackjack Algorithm」Bikin Klepon? Simak Tips dan Cara Racik Pewarna Alami dari Daun Suji

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Situs resmi mahkota

SeBlBlackjack Algorithmackjack AlgorithBlackjack AlgorithmmdaBlackjack Algorithmngkan daun Blackjack Algorithmpandan adalah jenis tumbuhan monokotil dari famili Pandanaceae yang memiliki daun beraroma wangi yang khas.

Tips membuat pewarna makanan dari daun suji dan daun pandan

Daun suji adalah tanaman perdu yang daunnya dimanfaatkan sebagai pewarna hijau alami utuk makanan Indonesia.

Ada tips tersendiri untuk meracik pewarna makanan alami menggunakan daun pandan dan daun suji. Racikan pewarna alami ini bisa untuk kelpon, beriku tipsnya: 

Daun suji memiliki bentuk yang nyaris sama dengan daun pandan. Namun, aroma dan warna hijau yang dihasilkan lebih pekat jika dibandingkan dengan daun pandan.

Baca juga: Filosofi klepon, Kue Tradisional yang Sering Muncul Saat Hajatan

Daun pandan merupakan komponen penting dalam tradisi masakan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Baca juga: Sejarah Klepon, Kue Tradisional yang Tak Hanya Ada di Jawa

1. Gunakan perbandingan daun suji lebih banyak daripada daun pandan. Sebab daun suji akan mengeluarkan warna hijau yang lebih pekat dan terang dibandingkan dengan daun pandan.

Dalam buku "Kue Ijo Lekker 50 Resep Kue Tradisional Plus Step By Step" (2016) oleh Idemasakku.com penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, menjelaskan cara membuat pewarna alami untuk jajanan tradisional di Indonesia yang berwarna hijau.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Klepon adalah salah satu kudapan khas Indonesia yang memiliki warna hijau. Warna tersebut dapat dibuat dengan pewarna alami dengan daun suji dan daun pandan.

KOMPAS.com - Kamu yang mau membuat klepon sendiri di rumah, perlu mempersiapkan beberapa bahan salah satunya adalah pewarna klepon.